Udah Putusin Aja!
Judul : Udah
Putusin Aja!
Penulis : Felix Y.
Siauw
Penerbit : Mizania
Tahun
dan tempat terbit : 2013, Jakarta
Jumlah
Halaman : 180
Catatan
tentang Kredibilitas Buku
Buku
ini ditulis oleh orang yang ahli di bidangnya. Ustadz Felix Y. Siauw adalah
seoorang mualaf yang aktif di Hisbut Tahrir Indonesia. Banyak karyanya terkait
bidang keagamaan . Diterbitkan oleh
penerbitan Mizania Jakarta, penerbit tergabung dalam buku-buku Amazon, sehingga
tidak perlu diragukan lagi kredibilitasnya.
Ikhtisar
Islam
tidak pernah mengharamkan cinta. Islam mengarahkan cinta agar ia berjalan pada
koridornya. Bila berbicara tentang cinta diantara lawan jenis, satu-satunya
jalan adalah dengan cara pernikahan. Dengan pernikahan cinta menjadi cinta
menjadi halal dan penuh keberkahan. Sebaliknya, Islam melarang keras segala
jenis interaksi cinta yang tidak halal.
Bukan karena Islam mengharamkan cinta, tetapi karena Islam adalah agama yang
mencegah kerusakan-kerusakan pada diri manusia sendiri, Islam adalah agamaa
yang memuliakaan umat manusia.
Sayangnya, kaum muslim kini hidup dalam
lingkungan masyarakat yang sebagian besar salah kaprah dalam cinta. Karenanya
tidak dikenal lagi kesakralan akan pernikahan dan kesucian diri, apalagi
kehormatan dan kemuliaan jiwa. Semua sudah terganti dengan pergaulan bebas,
entah apapun namanya. Karenanya sedari dini mari mendidik cinta. Ajarkan cinta
agar ia benar sehingga membuat pemiliknya terhormat, bukan nista yang
ditanggung karena terbuai cinta yang terlaknat. Memang tidak semua pacaran
berujung zina, namun pasti semua zina berawal dari pacaran. Islam sangat
melarang seseorang untuk pacaran, karena pacaran sangat merugikan kaum wanita.
Wanita akan kehilangan kehormatannya tapi lelaki bisa pergi tanpa bekas.
Bila
belum siap untuk menikah, jangan coba mengumbar cinta. Coba alihkan cinta ke
jalan bermanfaat lagi halal juga berpahala. Berjuang dijalan Islam, misalnya,
jadi pengemban dakwah Islam, dan menyampaikan kebaikan-kebaikan dari Allah dan
RasulNya kepada seluruh umat manusia. Sebenarnya cinta itu hanya perasaan yang
muncul karena terbiasa dan hilang pula karena terbiasa. Memang diperlukan waktu
untuk mnenangkan diri, dan membiasakan hal-hal yang lainnya yang nggak maksiat
dan malah berpahala. Jauhi larangan Allah, senantiasalah berbuat kebaikan
terhadap sesama. Pacaran itu awal dari zina. Udah Putusin Aja!
Nilai-Nilai
Buku
yang berjudul Udah Putusin Aja! Di buka dengan sebuah kisah nyata yang di kirim
lewat email oleh seorang wanita, ia menceritakan tentang kegundahan dan
penyesalan atas perbuatannya dengan pacaranya yang berhubungan diluar batas. Setiap
bab mengisahkan tentang larangan berbuat zina disertakan hadits-hadits dan ayat
Al-qur’an.
Di
buku ini menjelaskan tetang cinta yang fitrah menurut ajaran Islam. Meskipun
banyak pendapat yang membantah atau
mengelak tentang haramnya pacaran, namun ustadz Felix dengan tegas mampu
membantah. Sebagai contoh, kata “Aku nggak zina kok, nggak pegang-pegangan,
nggak telpon-telponan, kan nggak papa? | Nah, itu bagus berarti juag nggak papa
kalau putus”.
Buku ini mengajarkan tentang cara
memahami cinta sebagai fitrah, agama Islam mengatur agar cinta berjalan sesuai
koridornya. Agar cinta bisa membawa kemuliaan dan kebahagiaan bagi manusia
bukan sebaliknya. Jauhi larangan Allah, senantiasalah berbuat kebaikan terhadap
sesama. Pacaran itu awal dari zina, maka jauhi pacaran.
Refleksi
Buku
yang berjudul Udah Putusin Aja! memberikan banyak inspirasi kepada para pembaca
terutama tentang haramnya hubungan pra-nikah dan bahayanya atau akibat dari
hubungan pra-nikah. Allah telah mengaruniakan cinta dalam setiap hati kaum
mukmin dan mukminah. Islam tidak pernah mengharamkan cinta. Islam mengarahkan
agar cinta ia berjalan pada koridornya.
Setelah
membaca buku ini, saya merasa sedih dan tercengang. Begitu bahanyanya hubungan
lawan jenis pra-nikah, terutama bagi wanita yang akan menanggung resiko leboh
berat. Kehormatan wanitanya dapat terenggut dan Allah
sangat melarang orang yang mendekati zina, apalagi perbuatan zina itu sendiri.
Artikel reflektif
Jomblo
Sampai Halal
Oleh
Holy Fikriya Luqis
Kalau anda termasuk anak muda yang mengikuti perkembangan zaman, pasti
anda pernah dengar istilah “jomblo sampai halal”, minimal sekali. Tapi kalau
belum pernah mendengarnya, paragraf pembuka ini baru aja membuat anda tau
tentang hal itu.
Hukum halal-haram tentu sangat akrab dalam agama Islam. Halal bisa
diartikan baik atau boleh dilakukan. Sedangkan haram berarti sebaliknya. Tentu
penilaian tersebut enggak sembarangan, ada hal-hal yang telah diperhitungkan
dengan matang di balik itu semua. Dalam agama Islam, hubungan laki-laki dan
perempuan yang belum diresmikan dalam ikatan pernikahan (pacaran) terbilang
haram. Sebab dalam hubungan tersebut ada nilai-nilai yang menodai nilai Islam
itu sendiri. Misalnya, berpegangan tangan. Itu adalah hal yang lumrah dalam
berpacaran. Tapi dalam Islam itu adalah sesuatu yang dilarang.
Namun, cinta dalam pandangan islam seperti iman, yaitu diyakini dengan
hati, diucapkan dengan lisan, dan dibuktikan dengan tindakan. Karena mencintai
merupakan salah satu ciri orang-orang beriman. Setan itu jagonya dalam
menyesatkan manusia. Dari yang awalnya sama-sama memiliki rasa cinta, lalu
mengungkapkan, pegangan tangan, rayuan setan bisa bikin tangan itu pindah ke
bagian lain. Biasanya ke bagian intim perempuan. Ajaib memang.
Tapi tanpa perlu ditulis di sini kita juga udah sama-sama tau bahwa
ending-nya banyak perempuan hamil di luar nikah gara-gara hubungan yang dinilai
haram ini. Dan itu berarti menodai kesucian manusia itu sendiri. Maka dari itu
Islam melarang hubungan semacam ini. Karena Islam selalu mencoba memuliakan
manusia.
Perlu juga kita pahami bahwa selain menodai kesucian manusia, hubungan
pacaran yang sudah sampai titik seks juga berakibat tertularnya berbagai macam
penyakit, misalnya HIV/AIDS. Jelas ini ancaman kesehatan untuk masyarakat
Indonesia. Tapi sialnya gak cuma itu, masih ada yang lebih berbahaya, yakni
rusaknya jiwa dan peradaban manusia. Perempuan yang kehilangan keperawanannya
sebelum menikah, kemudian ditinggal pergi oleh laki-laki yang merampas
keperawanannya tersebut akan tergoncang jiwanya. Khawatir nanti gak akan ada
laki-laki yang mau menerima dia dengan keadaan seperti itu (enggak perawan).
Gak sedikit perempuan yang depresi karena hal ini.
Apalagi kalau sampai hamil di luar nikah (Naudzubillahimin dzalik) yang
malu bukan diri sendiri aja, tapi juga orangtua dan keluarga. Itu bisa jadi aib
yang sangat besar buat mereka. Perempuan-perempuan yang belum siap dengan
keadaan ini bisa dengan tega membunuh bayi dalam perutnya sendiri. Bahkan ada
yang memilih membunuh dirinya sekalian. Ngeri banget. Dari sini kita bisa liat
dengan jelas alasan mengapa Islam melarang hubungan yang belum halal. Gak perlu
bawa-bawa dosa dulu, udah jelas hubungan ini merupakan tindakan yang sangat
merugikan di dunia. Terlebih buat perempuan.
Jomblo sampai halal itu bisa diartikan tidak berpasangan dulu sebelum
menikah, demi menghindari hal-hal mengerikan di atas. Atau lebih tepatnya,
karena Islam gak mengajarkan hubungan semacam itu. Maka berpuasalah jika anda
belum siap untuk menikah.
Puisi Reflektif
Wanita-wanita mulia
Bukan karena busana ia nampak pesona
Tapi karena akhlaq mulia
Bukan pula karena gincu merona
Bibirnya pancarkan tutur kata ramah
sopan
Air wudlu membuat wajahnya bercahaya
Sujudnya membuat cantik jelita
Ia tahan segala hawa nafsunya
Untuk lelaki calon imamnya
Wanita-wanita mulia
Selalu memantaskan diri untuk cinta
yang fitrah
Tugas 2
1.
Teks Deskripsi
Candi Ratu Boko Yogyakarta
Kraton Ratu Boko terletak di Bukit
Boko, 19 kilometer ke arah timur (menuju ke arah Wonosari) dan 2 kilometer
dari ke arah selatan. Dilihat dari lokasinya yang berupa
dataran tinggi, kompleks Ratu Boko memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri.
Salah satunya adalah pemandangan yang cukup memukau; sejauh mata memandang akan
terlihat Candi Prambanan dan Candi Kalasan di arah utara dengan latar belakang
pemandangan Gunung Merapi dan
suasana pedesaan dengan sawah menghijau di sekelilingnya. Selain itu, di arah
selatan, samar-samar dapat terlihat Pantai Selatan.
Riwayat pendirian dan penggunaan
bangunan di kompleks Ratu Boko antara lain dapat diketahui dari prasasti yang
ditemukan di kompleks ini. Berdasarkan sumber prasasti Walaing yang berangka
tahun 792 M, berisi tentang peringatan pendirian Abhayagiriwihara oleh Rakai
Panangkaran.
Berdasarkan struktur bangunan dan
prasasti yang ditemukan, kompleks Ratu Boko awalnya adalah sebuah wihara untuk
pendeta Buddha yang bernama Abhayagiri. Selanjutnya pada tahun 856 M, kompleks
tersebut difungsikan sebagai kraton oleh Rakai Walaing Pu Khumbayoni yang
beragama Hindu. Oleh karena itu tidak mengherankan bila unsur agama Hindu dan
Buddha tampak bercampur di bangunan ini.
Unsur Hindu dapat dilihat melalui
yoni, tiga miniatur candi, arca Ganesha dan Durga, serta lempengan emas dan
perak bertuliskan mantera agama Hindu. Sedangkan unsur Buddha dapat dilihat
dari adanya arca Buddha, reruntuhan stupa, dan stupika. Kompleks bangunan di
Bukit Boko disebut sebagai kraton karena memang disinggung dalam prasasti dan
juga karena kemiripannya dengan gambaran sebuah kraton. Dalam kitab
kesusasteraan Bharatayudah, Kresnayana, Gatot kaca sraya, dan Bhomakawya, disebutkan bahwa
kraton merupakan kompleks bangunan yang dikelilingi pagar bergapura.
Di dalamnya terdapat kolam dan
sejumlah bangunan lain seperti bangunan pemujaan dan di luar kraton terdapat
alun-alun. Adanya sejumlah umpak serta batur-batur dari batu andesit di
kompleks ini, mengindikasikan bahwa dahulu bangunan yang berdiri di atasnya
terbuat dari bahan kayu.
Berdasarkan letaknya, bangunan di
kompleks Ratu Boko dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu kelompok
barat, tenggara, dan timur. Bangunan tersebut terletak pada teras-teras yang
dibuat pada punggung hingga puncak bukit, dengan halaman paling depan terletak
di sebelah barat, terdiri atas tiga teras. Masing-masing teras dipisahkan oleh
pagar batu andesit setinggi 3,50 meter, dan tebing teras diperkuat dengan
susunan batu andesit. Batas halaman sebelah selatan juga berupa pagar dari batu
andesit, namun batas utara merupakan dinding bukit yang dipahat langsung.
Bagian tenggara meliputi struktur
lantai, gapura, batur pendopo, batur pringgitan, miniatur candi, tembok
keliling, dua kompleks kolam, dan reruntuhan stupa. Kedua kompleks kolam
dibatasi pagar dan memiliki gapura sebagai jalan masuk. Di dasar kolam, dipahatkan
lingga yoni, langsung pada batuan induk (bedrock). Bangunan kelompok timur
meliputi satu buah kolam dan dua buah gua yang disebut Gua Lanang dan Gua
Wadon.
·
Analisis
struktur teks deskriptif
|
No
|
Analisiskalimat
|
Struktur
|
|
1.
|
" Candi Ratu Boko "
|
Judul
|
|
2.
|
Kraton Ratu Boko terletak di Bukit Boko, 19 kilometer ke arah
timur (menuju ke arah Wonosari) dan 2 kilometer dari ke arah
selatan. Dilihat dari lokasinya yang berupa dataran tinggi, kompleks
Ratu Boko memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri.
|
Identifikasi
|
|
3.
|
Berdasarkan letaknya, bangunan di kompleks Ratu Boko
dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu kelompok barat, tenggara, dan
timur. Bangunan tersebut terletak pada teras-teras yang dibuat pada punggung
hingga puncak bukit, dengan halaman paling depan terletak di sebelah barat,
terdiri atas tiga teras. Masing-masing teras dipisahkan oleh pagar batu
andesit setinggi 3,50 meter, dan tebing teras diperkuat dengan susunan batu
andesit. Batas halaman sebelah selatan juga berupa pagar dari batu andesit,
namun batas utara merupakan dinding bukit yang dipahat langsung.
|
Klasifikasi
|
|
4.
|
Bagian
tenggara meliputi struktur lantai, gapura, batur pendopo, batur pringgitan,
miniatur candi, tembok keliling, dua kompleks kolam, dan reruntuhan stupa.
Kedua kompleks kolam dibatasi pagar dan memiliki gapura sebagai jalan masuk.
Di dasar kolam, dipahatkan lingga yoni, langsung pada batuan induk (bedrock).
Bangunan kelompok timur meliputi satu buah kolam dan dua buah gua yang
disebut Gua Lanang dan Gua Wadon.
|
Deskripsi Bagian
|
\
2.
Teks
Deskripsi
Pantai Indrayanti
Pantai
Indrayanti mempunyai konsep yang berbeda dengan pantai-pantai lain di Gunung
Kidul, DI Yogyakarta. Meski sama-sama terdiri dari hamparan pasir putih serta
batuan karang, namun Pantai Indrayanti mempunyai nuansa berbeda. Pengelola
pantai mencoba memberikan sentuhan modern untuk menarik para pengunjung. Hal
ini terlihat dari penataan lokasi pantai serta sarana yang disediakan di sana.
Restoran terlihat
berjejer di sepanjang pinggir pantai begitu kita memasuki lokasi wisata.
Payung-payung dengan warna yang indah terpancang pada tiangnya. Terlihat
menghiasi pasir putih serta batu karang pantai Indrayanti. Konsep ini tidak
ditemukan di pantai lain yang ada di Gunungkidul. Konsep modern lain yang
ditawarkan pantai ini adalah fasilitas jet sky yang bisa disewa para
pengunjung. Gemilir ombak memecah karang dengan pancaran sinar matahari membuat
suasana sunset menjadi lebih indah.
Pantai Indrayanti merupakan tempat yang cocok untuk menikmati sunset Kita juga tidak bisa membuang
sampah sembarangan di Pantai Indrayanti, sebab akan dikenakan denda sebesar Rp
10 ribu bagi yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Sehingga sepanjang
pantai terlihat bersih dan tertata rapi. Parkiran menuju pantai tertata rapi
dan dekat dengan pantai, disekitar parkiran terdapat toilet-toilet yaang
dikelola bersih. Fasilitas lain yang ditawarkan pengelola pantai yaitu cottage
yang berjumlah tujuh dan letaknya di sekitar pantai. Tempatnya nyaman, karena
selama menginap kita dapat menikmati suasana pantai di malam hari. Untuk
menginap di cottage yang disediakan, kita cukup mengeluarkan uang sebesar Rp
300 ribu sampai Rp 650 ribu per malam. Sedangkan restoran menyediakan menu sea
food, ayam goreng, ayam bakar serta minuman berupa es kelapa muda yang segar.
Harganya pun cukup murah, hanya Rp 10 ribu sampai Rp 100 ribu per porsi.
Nama Indrayanti
berasal dari nama pengelola pantai. Pantai yang terletak di Kecamatan Tepus
tersebut termasuk pantai bagian timur di Kabupaten Gunungkidul DI Yogyakarta.
Pantai Indrayanti memang lagi fenomenal saat ini. Para wisatawan banyak yang
datang dari DI Yogyakarta dan wilayah sekitarnya. Untuk menuju lokasi cukup
mudah, karena jalannya sudah beraspal halus. Namun para wistawan disarankan
membawa kendaraan sendiri karena di lokasi tidak ada angkutan khusus. Tiket
masuk sebesar Rp 5 ribu, baik untuk mobil atau mini bus.
Pantai Indrayanti ini
menarik, karena terdiri dari hamparan pasir putih serta batuan karang. Di mana
terbentuknya melalui proses sampai ribuan tahun. Oleh karena itu, tidak rugi
apabila menjadikan Indrayanti sebagai pilihan destinasi anda saat liburan kali
ini. Suasana serba modern di sekitar pantai, mungkin membuat Anda merasa sedang
di Bali.
A.
Analisis
Struktur Isi Teks Deskripsi
·
Analisis
struktur teks deskriptif
|
No
|
Analisiskalimat
|
Struktur
|
|
1.
|
Pantai Indrayanti
|
Judul
|
|
2.
|
Pantai yang terletak di
Kecamatan Tepus tersebut termasuk pantai bagian timur di Kabupaten
Gunungkidul DI Yogyakarta.
|
Identifikasi
|
|
3.
|
Restoran terlihat
berjejer di sepanjang pinggir pantai begitu kita memasuki lokasi wisata.
Payung-payung dengan warna yang indah terpancang pada tiangnya. Terlihat
menghiasi pasir putih serta batu karang pantai Indrayanti
|
Klasifikasi
|
|
4.
|
Konsep
modern lain yang ditawarkan pantai ini adalah fasilitas jet sky yang bisa
disewa para pengunjung. Gemilir ombak memecah karang dengan pancaran sinar
matahari membuat suasana sunset
menjadi lebih indah. Pantai Indrayanti merupakan tempat yang cocok untuk
menikmati sunset Kita juga tidak
bisa membuang sampah sembarangan di Pantai Indrayanti, sebab akan dikenakan
denda sebesar Rp 10 ribu bagi yang membuang sampah tidak pada tempatnya.
Sehingga sepanjang pantai terlihat bersih dan tertata rapi. Parkiran menuju
pantai tertata rapi dan dekat dengan pantai, disekitar parkiran terdapat
toilet-toilet yaang dikelola bersih. Fasilitas lain yang ditawarkan pengelola
pantai yaitu cottage yang berjumlah tujuh dan letaknya di sekitar pantai.
Tempatnya nyaman, karena selama menginap kita dapat menikmati suasana pantai
di malam hari. Untuk menginap di cottage yang disediakan, kita cukup
mengeluarkan uang sebesar Rp 300 ribu sampai Rp 650 ribu per malam. Sedangkan
restoran menyediakan menu sea food, ayam goreng, ayam bakar serta minuman
berupa es kelapa muda yang segar. Harganya pun cukup murah, hanya Rp 10 ribu
sampai Rp 100 ribu per porsi
|
Deskripsi Bagian
|
B. Analisis Ciri Bahasa Teks
1. Paragraf deskripsi
menggambarkan sesuatu, yakni menggambarkan pantai Indrayanti
- Paragraf yang digambarkan dijelaskan secara sangat jelas dan rinci serta melibatkan kesan indera.
“Restoran terlihat berjejer di sepanjang pinggir
pantai begitu kita memasuki lokasi wisata. Payung-payung dengan warna yang
indah terpancang pada tiangnya. Terlihat menghiasi pasir putih serta batu
karang pantai Indrayanti. Konsep ini tidak ditemukan di pantai lain yang ada di
Gunungkidul. Konsep modern lain yang ditawarkan pantai ini adalah fasilitas jet
sky yang bisa disewa para pengunjung. Kita juga tidak bisa membuang sampah
sembarangan di Pantai Indrayanti, sebab akan dikenakan denda sebesar Rp 10 ribu
bagi yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Sehingga sepanjang pantai
terlihat bersih dan tertata rapi. Parkiran menuju pantai tertata rapi dan dekat
dengan pantai, disekitar parkiran terdapat toilet-toilet yaang dikelola bersih.
Fasilitas lain yang ditawarkan pengelola pantai yaitu cottage yang berjumlah
tujuh dan letaknya di sekitar pantai. Tempatnya nyaman, karena selama menginap
kita dapat menikmati suasana pantai di malam hari. Untuk menginap di cottage
yang disediakan, kita cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 300 ribu sampai Rp 650
ribu per malam. Sedangkan restoran menyediakan menu sea food, ayam goreng, ayam
bakar serta minuman berupa es kelapa muda yang segar. Harganya pun cukup murah,
hanya Rp 10 ribu sampai Rp 100 ribu per porsi”.
- Ketika pembaca membaca teks deskripsi seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang dibahas di dalam teks.
“Gemilir ombak memecah karang dengan pancaran sinar
matahari membuat suasana sunset
menjadi lebih indah. Pantai Indrayanti merupakan tempat yang cocok untuk menikmati sunset”
3.
Mengomentari Teks
Pohon Pisang
Pohon
pisang (musa paradisiaca) adalah tanaman berbentuk terna raksasa dengan batang
semu yang permukaannya terlihat bkas pelepah daun. Tinggi pohon ini dapat
mencapai 3 meter. Tanaman ini dapat tumbuh di tanah yang cukup air pada daerah
dengan ketinggian sampai 2000 meter di atas permukaan laut. Pisang adalah sebutan dari buah yang dihasilkan oleh
tanaman ini.
Tumbuhan
ini dimanfaatkan semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai
tumbuhan serbaguna. Tumbuha ini asli berasal dari Asia Tenggara. Bagian-bagian
dari tumbuhan ini adalah bonggol pisang, batang pisang, daun pisang, bunga
pisang, dan buah pisang.
Buah
pisang kaya manfaat disamping sebagai sumber vitamin, mineral, karbohidrat bagi
tubuh,. Pisang juga memiliki manfaat lain yaitu hamper di seluruh tanamn oisang
dapat dimanfaatkan.
Buah
dapat dimakan langsung tetapijuga dapat dijadikan kripik, sale pisang, dan
tepung pisang,
Daun
yang masih menggulung dapat dijadikan obat dan daunnya yang sudah tua dapat
digunakan untuk membungkus makanan. Batang ketika ditebang akan mengeluarkan
getah, getah tersebut dapat dijadikan sebagai obat diare, obat disentri, dan
saluran kencing. Bunga yang berwarna ungu dapat dijadikan sebagai olahan
sayuran.
A.
Ciri bahasa teks laporan
hasil observasi
Ciri bahasa Teks
LaporanHasilObservasi
|
No.
|
Ciri
|
Contoh
|
|
1.
|
Menggunakan kata benda penjenis dan kata benda
pendeskripsi.
|
|
|
2.
|
Menggunakan kata kerja yang dapat digunakan untuk
menjelaskan ciri teks, misal menggolongkan, mengklasifikasikan, memilah, dan
sebagainya.
|
Pohon pisang (musaparadisiaca) adalah tanaman berbentuk ternaraksasa dengan batang semu yang permukaannya terlihat bekas pelepah daun. Tinggi pohom ini dapat mencapai 3 meter. Tanaman ini
dapat tumbuh di tanah di tanah yang cukup pait pada
daerah yang ketinggian sampai 2000 meter di atas permukaan laut. Pisang adalah sebutan dari nama
buah yang
dihasilkan tumbuhan ini.
|
|
3.
|
Menggunakan kata kerja dalam menjelaskan prilaku/ sifat.
|
·
Daun yang masih menggulung dapat dijadikan obat dan daunnya yang sudah
tua dapat untuk membungkus makanan.
·
Batang ketika ditebang akan mengeluarkan getah, getah itu dapat dijadikan obat diare, obat sentri, dan saluran kencing.
|
|
4.
|
Menggunakan pernyataan fakta.
|
·
Pisang adalah sebutan dari nama buah yang dihasilkan tumbuhan ini.
·
Bagian-bagian dari tumbuhan ini adalah bonggol pisang, batang pisang, daun pisang, bunga pisang, dan buah pisang.
|
|
5.
|
Menggunakan istilah teknis/ ilmiah.
|
·
Musa para disiaca
·
ternaraksasa
|
Komentar
:
Teks diatas sudah sesuai dengan ciri-ciri teks LHO.
Disajikan secara berurutan mulai dari pendeskripsian, pengklasifikasian, hingga
penyampaiaan fakta. Teks diatas telah menyantumkan istilah-istilah yang menjadi
ciri-ciri teks non ilmiah.
Tugas 3
Judul
: Budget Traveling Singapore
Update+
Pengarang
: Budi Sulis
Tahun
Terbit : 2013
Penebit : PT Elex Media
Komputindo
Tebal
: 244 hlm
Harga
: Rp 35.000
Jalan-Jalan Hemat di Negeri
Singa
Budget
Travelling Singapore telah mengalami cetak berulang kali. Inilah bukti bahwa
buku ini memang bermanfaat sebagai petunjuk praktis dan lengkap untuk
berpergian ke Singapura secara mandiri dan hemat. Di tulis oleh Budi Sulis,
seseorang yang sangat berpengalaman menjelajahi negeri-negeri sebrang, buku
yaang ditulisnya banyak yang bertemakan tentang tips-tips untuk melakukan
perjalanan, jadi tidak diragukan lagi informasi yang disampaikannya. Buku ini berbeda dengan buku karya Budi Sulis yang
juga membahas tentang Singapura, di buku Budget Traveling Singapore Update+ ini
lebih update dan lengkap informasinya
tentang Singapura.
Seperti
halnya edisi sebelumnya, edisi update
plus kali ini juga disusun dengan ringkas dan praktis disertai informasi
terbaru tentang tempat wisata, tempat makan, situs penyedia tiket wisata murah,
dan informasi lain yang dibutuhkan wisatawan untuk perjalanan ke Singapura
dengan nyaman, aman, dan tentunya berbiaya lebih murah. Di dalam buku ini dibahas
secara rinci tentang: Budaya, aturan, transportasi, komunikasi, dan segala hal
tentang kondisi Singapura, kalender kegiatan tahunan dan hari hibur Singapura,
persiapan dokumen dan paspor, penyusunan jadwal, pilihan rute, serta
transportasi yang akan digunakan. Terdapat pula perhitungan perkiraan biaya
perjalan ke Singapura, karena di dalam buku ini dipaparkan lengkap daftar tempat
beserta harga-harganya penginapan hotel, ongkos naik bus kota, MRT, atau
kendaraan umum lainnya, tempat-tempat wisata dan tempat makan. Banyak wisata di
Singapura yang tanpa tiket masuk, terkadang banyak wisatawan yang tidak tahu
mengenai hal wisata yang bebas biaya.
Disertakan
foto-foto mengenai tempat wisata, makanan, paspor, kartu untuk naik MRT, dan
banyak masih lagi, hampir setiap penjelasan disertakan foto-foto. Terdapat
informasi hotel atau penginapan beserta nomer telpon dan alamat lengkapnya. Ada
banyak tips agar kita dapat menghemat biaya untuk masalah penginapan, kendaraan
umum, tempat wisata dan makanan. Dicantumkan
pula kalender Singapura beserta hari-hari libur nasional dan perayaan-perayaan
yang ada di Singapura, jadi kita dapat tau kapan waktu yang tepat untuk
berkunjung ke Singapura. Bahasa yang digunakan sangat informatif dan mudah
diterima.
Buku
ini disajikan dalam bentuk kecil, sehingga font
hurufnya kecil-kecil. Mempersulit
pembaca untuk membaca. Sayangnya tidak semua tempat wisata atau hotel
disertakan harga. Akan lebih memudahkan pemudahkan pembaca apabila buku ini
disajikan dalam bentuk sedang. Sebaigan foto ditampilkan dengan warna hitam
putih sehingga kurang menarik untuk di pandang.
Buku
ini sangat cocok untuk kalian para backpacker
dan traveller pemula yang ingin
menjelajahi dan menikmati keindahan kota singapura. Buku ini pantas dibaca
untuk semua kalangan, yang terpenting di dalam buku ini terdapat banyak tips-tips
agar mendapatkan buget hotel atau penginapan murah. Lengkap dengan alamat dan
nomer telpon yang bisa dihubungi. Jalan-jalan ke luar negeri tidak harus
mengeluarkan biaya mahal.
Tugas 4
JURNAL
REFLEKSI
Mata kuliah membaca informatif yang
dibimbing oleh ibu Endah Tri Priyatni,
mengajarkan saya untuk gemar membaca buku informatif. Berawal dari paksaan
menjadi kebiasaan. Dari sini saya baru
tahu bahwa teks non ilmiah itu bukan hanya karya sastra tetapi teks atau
buku yang memberi informasi tanpa adanya terori di dalamnya. Dalam hal menjawab
pertanyaan dari artikel yang diberi ibu Endah, saya belajar untuk membaca lebih
teliti lagi dalam menjawab pertanyaan, dari situ saya tau bahwa membuat
pertanyaan kritis, analitik dan lain-lain yang tidak ada di dalam teks lebih
susah. Namun untuk menjawab pertanyaan
yang jawabannya tertera dalam teks saja juga masih kesusahan padahal teks itu
untuk anak Sekolah Dasar. Saya juga belajar membuat resensi buku, artikel, dan
ikhtisar yang sebelumnya belum pernh saya dapat. Saya juga lebih memiliki
pengetahuan luas tentang macam-macam teks, dan bagaimana cara membedakannya.
Saya sangat menyukai mata kuliah
informatif, karena di dalamnya mengandung pelajaran-pelajaran baru dalam hidup
saya. Dari sini mulai lah timbul rasa saya gemar membaca, dulu membaca hanya
sekedar kegiatan untuk mengisi waktu luang saja, namun sekarang bagi saya
membaca adalah kebutuhan dalam hidup. Saya lebih haus akan ilmu. Kegiatan yang
sangat saya suka adalah tugas membaca sepuluh buku dan membuat resensi
setelahnya. Dari situ saya sangat mengusai buku yang saya baca, tidak hanya
sekedar jadi bacaan tapi benar-benar menambah wawasan saya tentang buku itu,
saya lebih mendalam dalam memahami isi buku tersebut.
Membaca memang belum begitu membudaya di
kalangan remaja di Indonesia. Mata kuliah membaca informatif dengan program
mewajibkan membaca buku satu minggu satu kali selama 10 kali bermaksud atau
bertujuan baik. Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari sini.
Seperti jugaa halnya tugas membuat resensi, dari sini kita sangat memmahami isi
buku yang telah kita baca dengan membandingkannya juga dengan buku lain yang
pernah kita baca. Semakin berkembang pengetahuan kita akan ilmu umum yang tidak
diajarkan di bangku kuliah. Tugas-tugas membaca informatif bebas, asalkan
bacaannya informatif tanpa teori lepas dari sastra. Hal ini bertujuan untuk
menambah wawasan para mahasiswa akan informasi umum.


Candi Boko, tampaknya bukan teks deskripsi tetapi LHO. LHo menjelaskan objek secara keilmuan. deskripsi memaparkan kesan terhadap objek kemudian menjelaskannya secara rinci.
BalasHapusLHo menjelaskan objek secara umum: definisinya, letaknya, sejarahnya, itu paradigma keilmuan/
teks deskripsi memaparkan kesan: Candi boko sangat memesona--dipaparkan seperti apa pesonanya. Tumbuh-tumbuhan rindang berjajar rapi di pintu masu candi--ini kesan--dipaparkan secara rinci--ini teks deskripsi.
Teruslah membaca dan berkarya-tulisan mengalir-enak dibaca.
Isi dan ulasan dari buku yang diresensi cukup menarik. Bahasa yang digunakan juga tidak terlalu berat dan bertele - tele. Penulis mampu mengarahkan pembaca pada cerita yang membuat penasaran. Tulisan yang dibuat juga sangat mudah dipahami sehingga enak untuk dibaca.
BalasHapus